SMP Islam Al-Azhar 6 Jakapermai

Aplikasi yang bisa diakses online 24 jam full oleh orang tua, siswa, guru & tata usaha.

Kajian Ustz. Munzir Situmorang

08 August 2018, 00:00

Ta'lim Rutin Jam'iyyah SMP Islam Al Azhar 6 Jakapermai

Tema : "Menjaga Lisan" Oleh Ustadz Munzir Situmorang

 

Dusta dan ghibah adalah  Suatu perbuatan dosa yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Dusta, mengucapkan suatu hal yang tidak benar, sedangkan ghibah, membicarakan keburukan muslim lainnya, atu membicarakan hal yang tidak disukai oleh muslim yang dibicarakan tersebut. Kedua perbuatan ini sangat merugikan diri sendiri (karena berdosa dan bisa berefek pada kebencian orang lain) dan merugikan orang lain (baik yang mendengarkan maupun yang dibicarakan). Tidak menguntungkan pihak manapun. Tidak seperti dosa-dosa lainnya yang mendatangkan kesenangan (sesaat) bagi pelakunya, seperti mengambil hak orang lain (korupsi), berzina, dll.

 

Allah memerintahkan kita untuk senantiasa menjaga lisan, mengucapkan perkataan yang benar. Baik buruknya lisan kita tergantung pada amalan kita. Jika kita sering berbuat dosa, tidak menjaga agama Allah, maka Allah pun tidak menjaga perbuatan kita. Seperti yang tertulis dalam Surah Al Ahzab Ayat 70-71, secara jelas Allah memerintahkan kita untuk mengucapkan perkataan yang benar, niscaya Allah akan memperbaiki amalan-amalan kita dan mengampuni dosa-dosa kita.

 

Tunduk dan Patuhlah kepada Allah, jaga lisan kita agar di akhir hayat kita, Allah pun menjaga lisan kita. Sehingga kita bisa mengucapkan lafadz Laa ilaa ha illallah. Bahkan di akhir hayat kita pun lisan kita mampu menentukan surga atau neraka.